Description
Asesmen (penilaian) yang digunakan dalam pendidikan prasekolah (usia dini) dapat diartikan sebagai proses pengambilan keputusan tentang kedudukan program pendidikan prasekolah (usia dini) yang dilaksanakan. Sedangkan secara lengkap batasan dari penilaian pendidikan prasekolah (usia dini) dapat didefinisikan sebagai suatu upaya dan proses memilih, mengumpulkan, serta menafsirkan informasi tentang posisi program maupun anak, baik terkait dengan pertumbuhan, perkembangan, kemajuan, perubahan serta kemampuan yang menjangkau berbagai aspek (bidang pengembangan) melalui cara-cara yang benar, tepat, akurat, terencana dan sistematis pada dimensi proses maupun hasil; sehingga keputusan yang diambil sesuai dengan kriteria yang semestinya, yaitu tidak merugikan, sesuai tujuan dan nilai sebagaimana yang telah ditetapkan. Pada evaluasi perkembangan anak usia dini, asesmen lebih banyak digunakan dari pada evaluasi yang bersifat formal atau menggunakan tes standar.
Untuk lebih mampu memberikan gambaran yang jelas mengenai asesmen untuk anak usia dini, buku ini memaparkan berbagai kajian ilmiah tentang konsep dasar anak usia dini beserta aspek-aspek perkembangan pada anak usia dini. Buku ini juga dilengkapi dengan soal-soal latihan yang sangat membantu para pembaca untuk lebih memahami dan mengenali metode-metode penilaian (asesmen) yang efektif dan tepat untuk diterapkan dalam situasi pendidikan anak usia dini.