Description
Pada era persaingan pasar global dewasa ini, tuntutan konsumen atas peningkatan kualitas produk dan jasa bertambah. Terjadi pula peningkatan penawaran produk dan jasa dengan harga yang lebih bersaing dari negara dengan biaya tenaga kerja kerja rendah seperti halnya negara-negara di kawasan timur: China, Vietnam, dan India.
Satu hal yang sangat berarti dalam meningkatkan kinerja menghadapi tantangan persaingan tersebut adalah melalui perbaikan berkelanjutan pada aktivitas bisnis yang terfokus pada konsumen, meliputi keseluruhan organisasi dan penekanan pada fleksibilitas dan kualitas. Oleh karena itu kualitas dan pengelolaannya dikaitkan dengan perbaikan berkelanjutan dilakukan oleh banyak perusahaan agar dapat mendorong peningkatan pasar dan memenangkan persaingan. Perusahaan yang tidak mengelola perubahan tersebut akan ketinggalan.
Salah satu cara yang tepat adalah dengan mengimplementasikan Manjemen Kualitas Total yang merupakan paradigma baru dalam menjalankan bisnis yang berupaya memaksimumkan daya saing organisasi melalui: fokus pada kepuasan konsumen, keterlibatan seluruh karyawan, dan perbaikan secara berkesinambungan atas kualitas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan organisasi.
Buku ini membahas berbagai konsep yang dipakai dalam MKT, seperti Kualitas, memahami ekspektasi pelanggan. kepemimpinan dan kerjasama tim, pelatihan, benchmarking, perbaikan berkesinambungan, pemanufakturan dan implementasi manajemen kualitas total. Setiap bahasan disisipkan soal-soal latihan. Oleh karena itu buku ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa dan praktisi.