Description
Matematika adalah aktivitas manusia (Freudenthal) dalam mencari pola dan hubungan (Keith Devlin). Oleh karena itu, sudah tentu matematika memerlukan kreativitas, eksplorasi, dan penemuan, yang akan terhalangi kemunculan jika sebagai guru kita seringkali mencoba memberikan transfer ilmu kepada siswa. Buku ini memberikan sudut pandang berbeda. Tentang bagaimana masalah yang dapat memfasilitasi siswa untuk melakukan matematisasi, juga tentang penyelesaian non-standar yang sangat inspiratif. Dalam buku ini, pembaca tidak dapat menjumpai rumus-cepat-singkat, tapi di sini pemikiran-pemikiran kritis yang mampu meningkatkan aktivitas matematika, disajikan secara gamblang.
Sepuluh strategi menarik penyelesaian masalah disertai contoh dan masalah matematika yang dapat diselesaikan dengan strategi tersebut, diharapkan dapat memanjakan pembaca buku ini. Uraian penyelesaian diletakkan di bagian terpisah dengan harapan pembaca tidak terganggu dalam mencoba menyelesaikan masalah yang diberikan. Buku ini ditujukan bagi setiap pembaca yang ingin mempersiapkan diri dalam menghadapi masalah-masalah non-standar untuk mencari jenis masalah yang dapat melibatkan eksplorasi di dalam kelas, serta bagi para pembaca yang ingin memperkaya diri dengan kemampuan berpikir kritis.