Description
Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu komponen penting dalam kurikulum 2013 yang harus dimengerti, digali, dikembangkan, dan diaktualisasikan. Guru Pendidikan Agama Islam harus terlebih dulu memiliki paradigma tentang metode pembelajaran tersebut. Paradigma tersebut akan mengantarkan guru PAI memiliki visi dan misi dalam proses pembelajarannya yang dapat mengantarkannya pada kesuksesan dalam mengajar. Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan materi atau karya yang sengaja dilahirkan dan dihadirkan dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan profesi guru. Materi dari isi buku ini merupakan refleksi, penelaahan, studi empiris dan penelitian penulis selama mengasuh mata kuliah metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam kurun waktu 5 tahun secara intensif. Maka, apa yang Anda inginkan tentang pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama Islam, sesungguhnya hari ini adalah saat dan situasi yang paling tepat karena solusi atas pengembangan metode tersebut telah berada digenggaman.
Buku ini dapat dijadikan rujukan utama bagi mahasiswa baik di jurusan Pendidikan Agama Islam di bawah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan maupun lainnya baik di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), serta perguruan tinggi swasta di Indonesia maupun mahasiswa keguruan di perguruan tinggi umum. Tak hanya itu, buku ini juga bermanfaat bagi para guru yang mengajar bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan juga guru lainnya yang menginginkan peningkatan profesionalitas.