Description
Buku Pendidikan IPA SD disusun untuk menjadi rujukan bagi calon pendidik dan pendidik dalam merancang, melaksanakan serta menilai proses dan hasil pembelajaran IPA SD berbasis standar nasional pendidikan. Di dalam buku ini dijabarkan tentang landasan konseptual serta arahan praktis bagi implementasi KTSP serta kurikulum 2013 dalam mata pelajaran IPA untuk jenjang tingkat SD/MI. Buku ini terdiri atas 10 bab. Secara khusus membahas tentang karakteristik, prinsip pengembangan, dan implementasi KTSP serta Kurikulum 2013. Materi merujuk pada hakikat IPA dan karakteristik peserta didik pada jenjang sekolah dasar, serta memberi pilihan model pembelajaran, pengembangan media dan sumber belajar, metode penilaian proses dan hasil pembelajaran. Secara ringkas terdapat bahasan telaah kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Prinsip operasional pengembangan dan kriteria pemilihan silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA di jenjang SD/MI baik dengan KTSP maupun Kurikulum 2013 disajikan pada bab terakhir.