Description
“Inisiatif untuk menulis buku ini telah dimulai penulisnya tahun 2016. Atas dasar analisis kebutuhan yang kuat, maka untuk pertama kalinya di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, buku ini berhasil disusun pada tahun 2016. Pada saat itu buku masih terbatas di kalangan jurusan. Setelah melalui revisi beberapa kali terhadap muatan dalam buku ini, akhirnya pada tahun 2019 penulis memutuskan untuk menerbitkan buku ini untuk kalangan umum.
Pokok utama pembahasan dalam buku ini tentang bagaimana melaksanakan penyelidikan, berargumentasi, menulis dan mereviu agar dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan penyelidikan yang dapat membangkitkan argumentasi dengan lebih baik, terarah, dan terencana tentang proses-proses dan aktivitas hidup pada tumbuhan. Materi dalam buku ini disajikan ke dalam kelompok-kelompok lembar kerja penyelidikan yang memuat stimulasi dalam pendahuluan, tujuan penyelidikan, pertanyaan penelitian, alat dan bahan, langkah kerja, argumen, sesi argumentasi, dan laporan sebagai bagian dari penyelidikan yang harus dilakukan oleh siswa. Selain itu, buku ini memuat tata tertib kegiatan laboratorium, tata tertib diskusi argumentatif, panduan argumentasi, lembar review laporan, panduan review dan revisi laporan.
Beberapa karakteristik buku ini antara lain isinya yang lengkap dan komprehensif, bahasanya sederhana dan gambarnya jelas, sehingga diharapkan agar pembaca mampu melaksanakan kegiatan argumentasi melalui inkuiri/penyelidikan dalam rangka memahami materi fisiologi tumbuhan, meliputi: hubungan tumbuhan dengan air dan tanah; peristiwa difusi, osmosis, transpirasi, transportasi, translokasi nutrisi dan mineral dalam tumbuhan; metabolisme yang berlangsung dalam tumbuhan (fotosintesis, respirasi, kemosintesis, metabolisme lipid dan nitrogen); hubungan tumbuhan dengan lingkungan (pertumbuhan, diferensiasi, dan perkembangan, hormon tumbuhan, respon tumbuhan terhadap lingkungan).
“