Description
“Kematangan suatu sekolah sangat dipengaruhi oleh dinamika yang dialami baik yang bersumber dari faktor internal maupun eksternal. Pengalaman menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi covod-19 telah memberikan perngalaman tersendiri bagi sekolah sebagai institusi pendidikan. Buku Good Governance dalam Perspektif Organisasi Sekolah berusaha mengurai pandangan masyarakat terhadap keterandalan sekolah dalam merespon situasi dan kondisi sosial di tengah masyarakat.
Persepsi masyarakat terhadap kualitas pendidikan tidak terlepas dari kualitas pengelolaan sekolah mengingat secara spesifik keluaran utama sekolah adalah insan terpelajar. Dari perspektif organisasi sekolah, penilaian terhadap kualitas sekolah bisa diidentikkan dengan kesesuaian antara program sekolah dan harapan masyarakat. Ketidak sesuaian antara keduanya melahirkan perspepsi yang negatif terhadap sekolah.
Buku ini berisi uraian tentang bagaimana implementasi sekaligus upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan organisasi sekolah melalui implementasi prinsip-prinsip good governance. Pembahasan juga dilengkapai dengan pembinaan sekolah sebagai learning community, peran kepemimpinan sekolah dan online learning sebagai alternatif penyelnenggaraan pendidikan terutama belajar dari pengalaman selama covid-19.”