Description
Karya inovatif guru diperlukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah. Produk perangkat pembelajaran akan lebih teruji jika diproses melalui penelitian pengembangan. Penelitian kuantitatif dan kualitatif berkembang mengikuti kebutuhan guna mendapatkan pemahaman yang lebih luas dan akurat mengenai jawaban masalah penelitian. Penelitian dengan metode campuran merupakan wujud dari perkembangan. Sudah saatnya baik guru, mahasiswa, maupun peneliti lebih menguasai metode campuran (mix method) khususnya dalam ruang lingkup pendidikan. Hal ini berguna untuk mengembangkan, membuat produk dan meningkatkan validasi perangkat pembelajaran. Produk yang dihasilkan tidak terlepas dari kemampuan merancang pembelajaran, melakukan uji ahli, uji coba terbatas dan uji lapangan, meskipun dalam skala kecil tingkat lokal. Proses ini sudah cukup memadai sebagai latihan, bila nanti akan melakukan penelitian dalam skala besar tingkat nasional.
Buku ini memandu peneliti pemula untuk memahami pemikiran filsafat ilmu dan metode penelitian secara bervariatif baik dengan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif. Langkah penelitian berawal dari analisis kebutuhan dan berakhir dengan validasi produk. Bagi peneliti yang penelitiannya berada pada tahap pengembangan, buku ini membahas setiap tahapan mulai dari pra pengembangan, pengembangan, dan produk yang dihasilkan.