Description
Membangun karakter bangsa untuk menemukan jati diri bangsa merupakan usaha yang tiada hentinya di setiap negara, khususnya di Indonesia saat ini yang digunakan adalah kurikulum berbasis kompetensi yang bertujuan membentuk karakter siswa sehingga semua guru merencanakan, melaksanakan dan melakukan evaluasi pembelajaran berisi nilai-nilai karakter. Pembelajaran IPS memberikan kontribusi besar dalam membahas karakter dalam kehidupan bermasyarakat, dari sudut pandang sejarah, sosiologi, ekonomi, geografi, politik dan hukum, Pancasila dan kewarganegaraan.
Buku ini memandu para mahasiswa, guru, tutor dan instruktur pembelajaran IPS untuk mengembangkan rancangan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran berbasis karakter, berdasarkan kajian konsep, teori, prinsip dan prosedur pembelajaran IPS sesuai dengan standar proses yang ditetapkan pemerintah. Selain itu juga dibahas tentang membangun karakter bangsa; pembelajaran IPS terpadu; pembelajaran IPS berbasis karakter; evaluasi pembelajaran berbasis karakter, dilengkapi dengan lampiran contoh prosedur pengembangan desain, silabus, dan evaluasi.