Description
Pariwisata adalah institusi sosial yang sangat penting dalam dunia modern yang dapat dipelajari. Salah satu bentuk kegiatan tren industri pariwisata masa kini adalah kegiatan MICE yaitu suatu pertemuan yang biasanya diselenggarakan selama tiga sampai enam hari, yang memuat program diskusi dan program sosial yang kesemuanya diselenggarakan untuk memperluas kesempatan menjalin hubungan atau kerja sama serta menikmati kenyamanan tempat/daerah di mana konvensi tersebut dilaksanakan yang menjadi nilai tambah/bonus/insentif dari diselenggarakannya konvensi tersebut. Dari kegiatan tersebut maka adanya mobilitas wisatawan yang mampu menggerak pertumbuhan daerah tujuan wisata dan industri bisnis pariwisata lainnya.
Buku ini disusun untuk memenuhi kebutuhan akan pentingnya pemahamam mengenai Wisata Konvensi atau yang lebih dikenal dengan istilah wisata MICE (Meeting, Incentive, Conferences and Exhibition). Karena wisata MICE bisa dijadikan alternatif untuk mendongkrak belanja turis. Namun, karena memiliki kekhasan tersendiri, ada bebrapa hal khusus yang harus dipahami tentang wisata MICE ini. Terutama dalam hal menangani turis MICE yang secara umum berbeda dengan turis biasa. Ini karena untuk menangani turis MICE diperlukan sikap profesional dari para EO dan PC. Dalam buku ini juga di uraikan secara jelas mengenai pentingnya perencanaan dalam menyelenggarakan kegiatan MICE sehingga mampu menghasilkan kepuasan bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Selain itu dijelaskan unsur penting dari keberadaan industri MICE yang sangat terkait dengan munculnya bisnis pariwisata. Hal lain yang didapat dalam isi buku ini adalah adanya beberapa studi kasus dan soal soal sehingga pengguna buku ini dapat mengukur kemampuannya dalam memahami Wisata Konvensi atau wisata MICE.