Description
Tidak semua aktivitas belajar berhasil dengan efektif. Keberagaman individu dalam belajar dan pembelajaran memerlukan pemahaman yang komprehensif tentang individu yang belajar meliputi: aspek-aspek kepribadian, tahap perkembangan, lingkungan, perubahan dan nilai yang dianut individu belajar. Psikologi belajar memberikan kemudahan dalam menjawab berbagai permasalahan yang terjadi dalam belajar, dan memberikan alternatif strategi serta model pembelajaran yang bisa digunakan individu yang belajar maupun pendidik yang melakukan pembelajaran.
Psikologi Belajar Islami memberikan warna tersendiri dalam memahami, mendeskripsikan, dan memberikan treatmen dalam pencapaian hasil belajar. Proses psikologis yang ada pada diri individu yang belajar bukan hanya dipahami dari sisi manusia sebagai makhluk individual dan manusia sebagai makhluk sosial, namun juga dipahami dari sisi spiritual wujud manusia sebagai makhluk religius yang selalu terikat dengan Tuhannya. Pengamatan, perhatian, tanggapan, berfikir, ingatan, emosi, sikap, motivasi, kecerdasan, pertumbuhan, perkembangan selain dijelaskan dengan teori psikologi atau kajian empirik juga berdasarkan dalil naqli dari Al-Qur’an dan hadist.
Model pendidikan seks anak usia dini Islami yang dikembangkan dari pendekatan mediated leaning experience, dimasukan ke dalam buku ini, mengingat belajar tentang seks bagi anak usia dini sangat penting. Anak usia dini sangat rentan menjadi korban kekerasan seksual, sementara guru dan orang tua cenderung mengabaikan pendidikan seks atau malah salah memaknai pendidikan seks dengan pembelajaran sistem reproduksi secara dini.