Shop

Home Komunikasi Masyarakat Digital, Gaya Hidup dan Subkultur

Masyarakat Digital, Gaya Hidup dan Subkultur

Rp 123,800

Category:

Description

Manuel Castells (2000) adalah salah satu teoritisi sosial yang jauh-jauh hari telah menganalisis bahwa perkembangan masyarakat post-industrial telah mengakibatkan terjadinya perubahan yang dahsyat di bidang pengelolaan dan peran informasi. Perubahan sosial yang berlangsung dewasa ini bukan lagi sekadar dipicu oleh kekuatan modal kapitalisme, tetapi juga ditandai oleh makin dominannya peran pengetahuan dan revolusi teknologi informasi yang kemudian melahirkan kapitalisme informasi dan masyarakat informasi. Information superhighway dan booming informasi di dunia maya, bukan saja mengakibatkan terjadinya perubahan yang dahsyat di bidang pengelolaan dan peran informasi, tetapi juga melahirkan re-strukturisasi fundamental terhadap posisi informasi sebagai komoditi yang dapat diperjual-belikan. Informasi tidak lagi sekadar menjadi fondasi bagi pelaku ekonomi untuk dasar menentukan arah pengembangan usaha, tetapi informasi itu sendiri akhirnya menjadi komoditi yang menguntungkan ketika dikemas untuk kepentingan ekonomi dan politik.
Buku ini memaparkan dua akibat yang terjadi ketika informasi berkembang menjadi komoditi yang makin menguntungkan. Pertama, terjadinya peleburan batas antara kepentingan ekonomi dan politik dengan peran informasi sebagai komoditi yang dapat dikemas dan diperdagangkan. Lebih dari sekadar data, saat ini informasi telah bermetaformose menjadi senjata yang berbahaya ketika penyebaran dapat direkayasa. Kedua, terjadinya proses komodifikasi informasi bohong yang sengaja dikemas dan kemudian disirkulasikan melalui media sosial sebagai bagian dari instrumen baru untuk melakukan hegemoni publik yang menjanjikan di dunia politik yang makin kehilangan etika.

Additional information

Penerbit

Penulis

ISBN

978-602-8610-75-9

EISBN

978-602-8610-76-6

Format

17.5×25

Halaman

X+144

Tahun

2018

X